Podchaser Logo
Home
Pahlawan Gambut

Pahlawan Gambut

Released Tuesday, 2nd March 2021
Good episode? Give it some love!
Pahlawan Gambut

Pahlawan Gambut

Pahlawan Gambut

Pahlawan Gambut

Tuesday, 2nd March 2021
Good episode? Give it some love!
Rate Episode

Dalam ekosistem, lahan gambut mempunyai posisi penting sebagai habitat bagi keanekaragaman hayati. Berbagai macam flora dan fauna dapat tumbuh dan tinggal di lahan gambut. Gambut juga pahlawan pencegah perubahan iklim dan bencana alam. Lahan gambut di Indonesia menyimpan sekitar 57 gigaton karbon atau 20 kali lipat karbon tanah mineral biasa.

Sayangnya, dari waktu ke waktu, ekosistem gambut di Indonesia terdegradasi. Pengalihfungsian, pengeringan, dan pembalakan liar lahan gambut mengakibatkan kerusakan lahan gambut. Kerusakan ini berdampak negatif terhadap ekosistem lahan gambut, dan juga terhadap masyarakat sekitar lahan gambut. Di episode ini, tema yang kita bahas adalah Pahlawan Gambut. Kita akan mendengar kisah mereka dalam menyelematkan lahan gambut. Apa saja upaya mereka untuk melindungi dan merestorasi lahan gambut?  Dan siapakah mereka yang menjadi pahlawan penyelamat gambut?

Kita berkenalan dan ngobrol dengan narsum kita di episode kali ini: Supriyati - kader SL (Sekolah Lapang) Kubu Raya, Kalimantan Barat dan Warno - Tenaga Teknis Sekat Kanal, Pokmas Perintis Jaya, Jambi.

*Kami ingin mendengar saran dan komentar kamu terkait podcast yang baru saja kamu simak, melalui surel ke [email protected]

Show More

Unlock more with Podchaser Pro

  • Audience Insights
  • Contact Information
  • Demographics
  • Charts
  • Sponsor History
  • and More!
Pro Features