Podchaser Logo
Home
Tips Memperbaiki Pemikiran Kritikal Anda

Tips Memperbaiki Pemikiran Kritikal Anda

Released Thursday, 14th May 2020
Good episode? Give it some love!
Tips Memperbaiki Pemikiran Kritikal Anda

Tips Memperbaiki Pemikiran Kritikal Anda

Tips Memperbaiki Pemikiran Kritikal Anda

Tips Memperbaiki Pemikiran Kritikal Anda

Thursday, 14th May 2020
Good episode? Give it some love!
Rate Episode

Setiap hari berbagai keputusan terbentang di hadapan kita, ada yang sepele dan bahkan ada yang tidak penting, tetapi ada juga yang berdampak besar bagi hidup kita. Misalnya, membeli sepatu terlebih dahulu atau tas terlebih dahulu atau lebih parahnya mengambil keputusan untuk membeli rumah atau mobil terlebih dahulu ?Kita di bombardir dengan sangat banyak keputusan yang mustahil bisa selalu diputuskan dengan sempurna. Tapi ada banyak cara untuk meningkatkan peluang kita, dan salah satunya adalah dengan Teknik efektik adalah berpikir kritis.

Ini adalah cara untuk bertanya yang membuat kita hati-hati dalam menelaah sebuah situasi, dan mengungkap masalah yang tersembunyi, seperti bias dan manipulasi, dan akhirnya membuat keputusan terbaik. Jika bagian kritisnya terdengan negative, itu karena faktanya memang begitu, daripada ketimbang memilih jawaban karena merasa itu benar,. Orang yang berpikir kritis menggantunkan semua kemungkinan pilihan pada pengamatan dan keraguan. Dengan memakai alat untuk memilah, mereka membuang semua hal selain informasi paling berguna dan dapar dipercaya. Ada banyak cara berbeda dalam menggunakan metode berpikir kritis ini, tapi inilah proses lima langkahnya yang bisa membantumu menyelesaikan masalah apapun.1. Rumuskan pertanyaannya.Dengan kata lain, ketahuilah apa yang kamu cari. Ini tidak selalu jelas seperti kedengarannya. Misalnya, jika mau memutuskan apakah ingin mencoba metode diet kekinian, alas an kamu melakukannya mungkin disamarkan oleh factor lain, seperti klaim bahwa hasilnya akan terlihat hanya dalam 2 minggu. Tapi jika kamu mempelajari situasinya dengan berpikir jernih pada apa yang sebenarnya ingin kamu raih melalui diet, entah penurunan berat badan, nutrisi yang lebih baik, atau semakin berenergi. Hal ini akan membekalimu dalam menyaring informasiIni secara kritis, menemukan yang kamu cari, dan memutuskan apakah info baru itu sungguh sesuai dengan kebutuhanmu.

2. Kumpulkan informasiAda banyalk informasi diluar sana, jadi ketahuilah dengan jelas apa yang kamu tanyakan apakah akan membantu menentukan info mana yang releven dengan masalah yang kamu hadapi. Jika ingin memutuskan berdiet untuk meningkatkan nutrisi, mintalah saran pada ahlinya, cari testimonial orang lain. Mengumpulkan informasi membantumu menilai opsi yang berbeda, mendekatkanmu pada keputusan yang sesuai dengan tujuanmu.

3. Terapkan Informasi yang adaDalam hal ini kamu melakukan dengan menanyakan pertanyaan kritis. Saat harus memutuskan sesuatu, tanyakan“ Apa konsep dasarnya ?”“Apa asumsi yang ada ?”“Apakah interpretasi saya tentang informasi itu terdengara logis?”Misalnya dalam email yang menjanjikan kamu dengan uang jutaan rupiah, pertimbangkan dengan cara “Apa yang membentuk pendekatan saya atas situasi ini ?”“Apa saya berasumsi si pengirim berkata jujur ?”“Dari bukti yang ada, apa logis berasumsi saya akan mendapatkan uang ?”

4. Pertimbangkan implikasinyaBayangkan momen pemilihan umum ke presidenan, dan kamu memilih calon politikus berdasarkan janji mereka yaitu harga BBM lebih murah. Sekilas, kelihatannya hebat, tapi bagaimana dampaknya pada lingkungan dalam jangka Panjang ? Jika penggunaan bensin tidak ditekan oleh harga, ini bisa menyebabkan lonjakan polusi udara dalam jumlah besar, dan konsekuensi tak diharapkan yang perlu diharapkan.

5. Pelajari sudut pandang orang lainTanyakan pada diri sendiri kenapa banyak orang tertarik dengan kebijakan kandidat politikus lain, bahkan jika kamu tidak menyetujui semua perkataan kandidat itu, mempelajari gambaran sudut pandang secara utuh bisa menjelaskan kenapa kebijkan yang kelihatannya tidak valid bagi kamu, tampak menarik bagi orang lain. Ini memungkinkanmu menelaah beragam alternative, mengevaluasi pilihanmu sendiri, dan akhirnya membantumu membuat keputusan berdasar lebih banyak informasi.

Show More
Rate

Join Podchaser to...

  • Rate podcasts and episodes
  • Follow podcasts and creators
  • Create podcast and episode lists
  • & much more

Episode Tags

Do you host or manage this podcast?
Claim and edit this page to your liking.
,

Unlock more with Podchaser Pro

  • Audience Insights
  • Contact Information
  • Demographics
  • Charts
  • Sponsor History
  • and More!
Pro Features